Jumat, 05 September 2014

TUGAS 1 PERILAKU KONSUMEN



Kuliah Perilaku Konsumen  IKK233  Sep 2014-Jan 2015
Departemen Ilmu Keluarga dan Konsumen
Fakultas Ekologi Manusia
Institut Pertanian Bogor


Dosen:
Prof Dr Ir Ujang Sumarwan, MSc
Dr Ir Lilik Noor Yuliati, MFSA
Dr. Ir. Megawati simanjuntak, MS
Ir. MD Djamaluddin, MSc
Ir. Retnaningsih, MS

Text Book:
Ujang Sumarwan. 2011. Perilaku Konsumen: Teori dan Penerapannya dalam Pemasaran. Edisi 2 Cetakan 1. Jakarta: PT Ghalia Indonesia


Catatan Kuliah Pertama Pada Hari Rabu Tanggal 03 September 2014


Perkenalkan, nama saya Ade Irma Maelani saya merupakan mahasiswa semester 7 dari Departemen Fisika FMIPA IPB, pada tanggal 03 september kemarin saya mengikuti mata kuliah supporting course (sc) yang merupakan mata kuliah penunjang untuk memenuhi SKS. Mata kuliah tersebut adalah Perilaku Konsumen dari Departemen Ilmu Keluarga dan Konsumen, Fakultas Ekologi Manusia IPB. Alasan mengapa saya mengambil mata kuliah ini selain untuk memenuhi sks juga karna saya tertarik untuk mengetahui apa saja yang menyangkut tentang konsumen walaupun sebenarnya mata kuliah ini tak ada kaitannya dengan jurusan yang saya ambil.

Hari pertama kuliah di perkenalkan oleh seorang dosen dari mata kuliah tersebut yaitu Prof Dr Ir Ujang Sumarwan MSc. Sekilas tentang beliau di kuliah pertama ini terlihat menarik dengan pembawaan beliau dalam menyampaikan materi yang santai tapi tetap fokus dan menarik. Beliau juga menulis sebuah buku yang berjudul Perilaku Konsumen sebagai pegangan atau diktat kuliah bagi mahasiswa.

Materi yang dijelaskan pada kuliah pertama ini salah satunya adalah tentang apa itu konsumen, bagaimana perilaku konsumen, jenis-jenis konsumen, sejarah tentang konsumen dan lain-lain.

Semua mahasiswa ditanya tentang satu kata yang terkait dengan konsumen oleh pak Ujang memberikan jawaban yang beragam. Dari jawaban-jawaban tersebut saya mulai paham apa itu konsumen. Pada dasarnya konsumen adalah orang atau kelompok orang yang membeli dan menggunakan barang atau jasa dengan adanya proses pengambilan keputusan dengan mencari informasi, membandingkan dan mempertimbangkan kebutuhan dan kepuasan.

Pada dasarnya konsumen untuk memenuhi kebutuhannya ingin membeli barang yang berkualitas dengan harga yang murah. Hal ini sudah biasa terjadi di kalangan masyarakat. Selain barang yang murah dan berkualitas, konsumen juga memperhitungkan trend yang sedang berlangsung pada waktu tertentu walaupun terkadang tidak dibutuhkan. Hal ini juga menyebabkan kesamaan perilaku dan selera konsumen di pasar internasional dengan maraknya media sosial dan internet.

Beberapa konsumen bahkan ada yang rela membeli sebuah barang dengan harga tinggi untuk beberapa hal seperti hobby, investasi, dan gaya hidup. Salah satu hal yang di perhatikan konsumen adalah sebuah kepuasan dalam membeli atau menggunakan barang dan jasa.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar